POSTED: 02 November 2018

“Wow…besar sekali pabriknya. Begini ya cara membuat spaghetti dan macaroni..Ini nih salah satu makanan kesukaanku..”

Begitulah ungkapan rasa gembira para murid Kelas VII SMPK Sang Timur Karang Tengah, Tangerang saat berkunjung ke pabrik Pasta Bogasari, Rabu (3/10/2018) Mereka sangat senang bisa melihat langsung proses produksi dan pengemasan aneka produk pasta. Bahkan tidak sedikit yang menampakkan wajah berdecak kagum.

Meski masih anak-anak, mereka relatif tertib dan mudah diatur. Saat Agustiono Bhakti, Production Manager  dan Eva Setiawati, QA Section Head secara bergantian menjelaskan proses produksi pasta, para siswa kelas VII SMP ini dengan tekun mencatat, bahkan tidak sedikit yang bertanya. Mereka begitu antusias untuk mengetahui lebih jauh bahan dan cara menghasilkan pasta. Termasuk saat melihat proses pengemasan dan gudang.

“Benar-benar menyenangkan. Anak murid kami banyak dapat pembelajaran dengan kunjungan ke Bogasari. Kami tidak hanya berlatih pembuatan makanan di Bogasari Baking Center (BBC) tapi juga belajar mengenal pembuatan pasta. Ini sesuai dengan target field trip tahunan SMPK Sang Timur,” ucap Lia, guru pendamping sekaligus ketua rombongan. 

Kunjungan pelatihan siswa SMPK Sang Timur ini merupakan yang keduakalinya. Tahun lalu, kelas yang sama juga berkunjung ke Bogasari. Mereka berkunjung ke Bogasari karena ingin mengikuti pelatihan pembuatan pizaa di BBC. Pelatihan berbayar dengan biaya Rp 135  ribu per anak ini diikuti 126 siswa. Sedangkan guru pendamping 13 orang.

Saking banyaknya, kelas pelatihan dibagi 2 kelompok besar. Jadi saat yang bersamaan, kelompok 1 pelatihan dan kelompok 2 kunjungan ke pasta. Tahun lalu, jumlah peserta juga sama dan pelatihan berbayar, tapi kunjungannya ke pabrik Indomie di Ancol.

Saat pelatihan di BBC, tampak anak-anak bersemangat. Termasuk saat melahap pizza buatan mereka. Pengalaman lain yang tak bisa mereka lupakan adalah saat melihat kapal besar yang sedang bongkar muat di dermaga Bogasari. Beruntung mereka tertib sehingga berkesempatan untuk foto bersama di depan kapal.

“Wah, kunjungan pelatihan kali ini lebih seru dibanding tahun lalu. Kami dan anak-anak sangat bangga dan bahagia bisa berkunjung ke Bogasari. Ini namanya edukasi sambil rekreasi,’ ujar Lia. Dan sebelum berangkat, ratusan siswa serta guru secara bersama-sama menerikkan “Terima Kasih Bogasari” di depan gedung BBC. (RAP)

0

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Related Artikel